MULAI DARI ROH

Banyak orang disentuh oleh berita Injil dan kuasa Roh Kudus, mereka memberi diri kepada Tuhan, membuat komitmen dengan Dia, cinta sepenuhnya kepada Tuhan Yesus, minta di baptis, mulai sungguh-sungguh membaca Firman dengan setia, mengikuti kursus/seminar-seminar rohani dan nampak hidup dan mulai bergerak dengan terjun ke dalam berbagai bentuk pelayanan-pelayanan. Hatinya lembut, penuh kasih dan sabar kepada semua orang. Namun setelah beberapa tahun ia mendapati dirinya balik lagi ke dalam hal-hal lama yang telah ditinggalkannya. Ia mulai kekeringan secara rohani lagi.

Bagaimana orang menjadi kering dan pergi ke dalam “pengalaman padang gurun” ?

Bapa Surgawi berkata: “Itu karena mereka meninggalkan tempat kudus-Ku dan mengembara ke padang gurun dipimpin oleh keinginan mereka sendiri!”

BERAKHIR DENGAN DAGING LAGI

Bila hati Anda menjadi kering dan hubungan dengan Bapa menjadi dingin, lalu keinginan dunia telah masuk ke dalam hati, dengan menonton TV dan membiarkan keinginan2 daging menguasai lagi. Sadari betapa iblis mencengkeram hati mu lagi dan merampok hubungan manis dengan Bapa.   Pikiranmu mulai terbiasa berargumentasi dan mulai mensahkan perbuatan sendiri dengan membela hak-hak keinginan daging lagi. Mulai menghakimi orang lain kembali. Ada suka dan tidak suka. Maksudnya, Anda mulai timbul benci kepada seseorang, merasa sebal, jengkel, sering tersinggung dan sakit hati, kecewa dan marah-marah lagi. Itu semua sifat daging, muncul keatas lagi. Maka hubungan dengan Bapa, Roh Kudus dan Tuhan Yesus hambar kembali, tidak ada kasih lagi.

ORANG PILIHAN DIPANGGIL MENDEKAT

Dia selalu memanggil setiap anak-Nya datang untuk mendekat kepada-Nya, agar mendengar suara-Nya, bercakap-cakap dan memberi roh-mu makan agar bertumbuh.

Mzm 65:5 Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran–Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah–Mu, di bait–Mu yang kudus.

Daud hidup dekat selalu dengan Tuhan sampai masa tuanya. Dari penggembala kambing-domba dia diangkat jadi Kaisar oleh Tuhan. Apa rahasianya? Daud gemar duduk dihadirat Tuah sepanjang hidupnya!

Mzm 84:11 Sebab lebih baik satu hari di pelataran–Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah–kemah orang fasik.

Kata Yahweh Elohim: “Musa gemar masuk ke tempat Kudus-Ku dan bersama Aku selama berjam-jam sehari. Dia benar-benar memberi diri dikuasai oleh Aku dan kekuatan-Ku. Ya waktu itu Aku diwakili oleh Anak-Ku, ok? Dia memiliki kekuatan hebat karena ia selalu mengisi dirinya dengan kehadiran-Ku. Kata-katanya begitu berkuasa sampai Aku dapat menggunakan Dia begitu bebas. Ya engkau tidak memiliki kekuatan apapun jika Engkau jauh dari-Ku.”

HUKUM DOSA DAN HUKUM MAUT

Ketika kesadaran roh saya memasuki pengertian bahwa saya, Roh Kudus, Tuhan Yesus dan Allah Bapa telah manunggal di dalam saya, karena keinginan-keinginan daging telah diambil-Nya, tidak berkuasa atas diri saya, mulai timbul keinginan-keinginan yang dari Tuhan di hati saya, keinginan-keinginan baru itu segera terpenuhi sebelum saya memintanya. Saya amat gembira akan keadaan ini, karena sadar ini adalah keadaan seperti Adam sebelum berdosa dahulu!

Tapi tiba-tiba muncul lagi keinginan untuk menonton TV ber-jam-jam sampai pagi hampir setiap malam. Kurang lebih sebulan lagi saya menjadi seperti itu. Mulai malas berdialog dengan Bapa Surgawi, mulai kering dari “berita-berita baru dari Surga”, kalau harus berkhotbah mulai susah mendengar apa kehendak Dia untuk disampaikan! Suatu hari saya sadar, ini tak boleh berlarut-larut. Hati saya berseru kepada Roh Kudus: “Tolonglah saya kembali!”

Dan suatu pagi saya bangun sudah langsung penuh dengan firman kembali, saya melihat orang yang berjalan di padang gurun dan kering karena menjauh dari oase tempat ia minum setiap hari. Lalu pagi itu saya kembali “chatting” dengan Bapa lagi.

Dia berkata: “Waktu kau bilang kau merasa manunggal dengan-Ku, justru saat itu godaan datang dan mencoba untuk mengalihkan-Mu jauh dari-Ku. Mengapa? Itu adalah hukum dosa dan maut yang tetap ada di dalam dagingmu, seperti yang dijelaskan oleh Paulus.

Watchman Nee mempunyai ilustrasi bagus sekali seperti ini: Hukum dosa dan maut itu sama seperti keadaan seekor burung, yang bisa terbang melawan hukum gravitasi bumi, dia dapat memanfaatkan hukum yang lain, yaitu hukum aerodinamika. Dengan kepak sayapnya ia bisa ‘menunggang’ udara dan terbang tanpa jatuh kebawah. Tapi bila tiba-tiba di udara jantung burung itu berhenti, alias mati, maka segera hukum gravitasi bumi bekerja lagi atas dirinya, dan tubuhnya jatuh terhempas ke bumi lagi.

Demikian pula orang Kristen dapat meninggalkan Hukum Dosa Dan Hukum Maut, bila ia mau menggunakan Hukum Roh Yang Memberi Hidup, (hidupnya Tuhan Yesus), sebab dengan terus berdialog (chatting) dengan Roh Kudus, Tuhan Yesus dan Bapa Surgawi, Anda memiliki ‘hidup’ terus menerus, dan bebas dari hukum dosa yang menjerat Anda masuk ke dalam perbuatan-perbuatan daging, membuat Anda ‘kering’ secara rohani, yang akhirnya membinasakan Anda.

Ketika saya bertanya lagi kepada-Nya: “Mengapa hal ini Kau biarkan terjadi kepadaku?” Bapa menjawab: ”Itu cara-Ku membuat engkau matang. Ingat ketika anak yang hilang minta sebagian harta bapanya dan meninggalkan rumahnya, sang bapa tidak mencegah atau mengikat dia di rumah, tapi semua keinginannya diberikan kepadanya. Setelah habis hartanya dan ia jatuh ke dalam kesulitan, ia sadar akan dirinya kembali dan memutuskan untuk kembali. Dan Bapanya menyambut dia dengan hangat kembali, mengetahui bahwa anaknya telah ‘matang’ jiwanya sekarang!”

Luk 15:16 Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu, tetapi tidak seorang pun yang memberikan sesuatu kepadanya. 17Lalu ia menyadari keadaan-nya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah–limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan.

Kematangan tidak dapat dihasilkan dengan tindakan-tindakan hukum terhadap seseorang, tetapi hanya dengan melalui pengalaman dan aktivasi kesadaran dari hati nurani seseorang.

KEMBALI KEPADA SUMBER AIRMU

Kembali kepada sumber air hidup yang telah diberi di dalam hatimu, mulai dengar lagi suara Tuhan di situ, Firman yang berbunyi setiap hari di dalam hatimu itu adalah air yang hidup, memberi kehidupan dan juga mentahirkan Anda dari najis dunia setiap hari hingga engkau selalu ‘bersih’ dan bebas dari stress, penyakit dan kedagingan.

Jer 17:13 Ya Pengharapan Israel, TUHAN, semua orang yang meninggalkan Engkau akan menjadi malu; orang–orang yang menyimpang dari pada–Mu akan dilenyapkan di negeri, sebab mereka telah meninggalkan sumber air yang hidup, yakni TUHAN.

Yoh 7:37 “Siapa saja yang haus, baiklah ia datang kepada–Ku dan minum! 38Siapa saja yang percaya kepada–Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran–aliran air hidup.”

Bandung 16 July 2010,

Andereas Samudera