Salah satu cara menyembuhkan orang sakit adalah dengan mengusir roh-roh orang mati pembawa penyakit itu keluar dari tubuh orang sakit itu. Seringkali roh pembawa penyakit itu adalah roh anggota keluarga sendiri.

Bila orang sakit meninggal dunia, rekaman rasa sakit mereka masih ada didalam jiwa orang itu dan tidak mengalami kesembuhan sampai dia disembuhkan setelah memasuki Langit Baru Bumi Baru kelak. Di sana ada pohon-pohon yang daunnya dapat sembuhkan mereka. Tapi di pangkuan Abraham sekalipun belum ada kesembuhan itu sampai saat ini! Yang memegang kuasa kesembuhan sampai saat ini adalah Gereja Tuhan di muka bumi ini!

Wahyu 21:1 Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir keluar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu. 2 Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.

Yang itu baru ada di dalam Langit baru Bumi Baru nanti! Tidak ada kesembuhan di alam roh dimasa sekarang, karena kuasa untuk mengikat dan melepaskan itu sementara ini diberikan oleh Tuhan kepada Gereja Tuhan di atas bumi, sejak di karuniakan kepada murid-murid-Nya:

Matius 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” 

MEMEGANG KUNCI ARTINYA MEMEGANG KUASA

Jadi kuncinya ada di bumi sementara ini agar Gereja Tuhan berkuasa membuka belenggu-belenggu setan dan menyembuhkan orang sakit dan memenangkan jiwa se besar-besarnya. Di alam roh sana kuasa itu tidak berfungsi lagi sementara ini, sampai nanti ada pengangkatan Gereja Tuhan, kuasa itu akan kembali kedalam alam roh lagi. Ini anugerah besar kepada Gereja Tuhan sementara masih di bumi, dengan kuasa ini GerejaTUhan di beri kemerdekaan mengatur alam roh. Gereja Tuhan di bumi itu berkuasa terhadap alam roh, bukan sebaliknya. Sayang hak ini tidak banyak diketahui oleh para pekerja Injil di gereja-gereja Tuhan atau orang-orang percaya.

Banyak gereja Tuhan dan orang Kristen menderita di bumi dan disiksa / dianiaya oleh sesama manusia yang digerakkan oleh setan-setan, Gereja ditutup dan dibakar, hamba-hamba Tuhan di bunuh massa atau organisasi massa tertentu. Banyak hamba Tuhan menjadi martir. Padahal pekerjaan Tuhan masih banyak yang terbengkalai. Bila saja mereka tahu bahwa kunci kerajaan Surga itu yang pegang adalah Gereja Tuhan/ orang percaya, maka roh-roh jahat itu mudah ditaklukkan dan tidak mampu menghasut massa untuk merusak dan membunuh.

KESEMBUHAN MAKHLUK ROH ADA DITANGAN ANDA

Banyak hamba Tuhan menyangka bahwa kalau orang sakit setelah meninggal akan segera jumpa dengan Tuhan Yesus dan segera disembuhkan Tuhan di surga. Dalam acara-acara penghiburan bagi saudara-seiman, hampir semua hamba Tuhan bilang bahwa saudara kita ini telah dibebaskan Tuhan dari pergumulan dan penderitaan secara tubuh di dunia dan sudah mengalami kesembuhan di surga.

Itu ternyata tidak benar!  SELAMA KUNCI MASIH DIBERIKAN KEPADA ORANG PERCAYA DI BUMI, TUHAN TIDAK MENYEMBUHKAN MEREKA DI ALAM ROH! Ada orang mati yang putus tangannya, dua puluh tahun yang lampau, ketika kedapatan rohnya menempel di dalam tuannya, dia masih merintih kesakitan dan ketika di doakan agar malaikat menemukan kembali tangannya yang putus dan disambungkan kembali, dengan segera dia sembuh dan di lepaskan rohnya dari tuannya dan dibawa ke Pangkuan Abraham setelah dia menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhannya dan mengakui darah Tuhan Yesus sebagai sarana pendamaian dengan Allah Bapa.

Ada roh seorang ibu yang sudah percaya Tuhan Yesus bahkan seorang pendoa syafaat, tapi masih tinggal di dalam tubuh anaknya yang perempuan karena masih ingin mengasuh anaknya itu terus. Setelah disembuhkan dari sakit jantung yang membunuhnya, dia di arahkan agar tinggal di pangkuan Abraham saja dan serahkan anak perempuannya kepada Roh Kudus, Ibu yang lebih sayang kepada anak perempuannya itu dibanding dia.

Jadi sebenarnya banyak hamba Tuhan mengucapkan penghiburaan palsu karena mereka menginterpretasi apa yang terjadi di alam roh dengan pikiran mereka sendiri. Kerena tidak mau memahami alam roh, banyak penghiburan palsu mereka katakan kepada jemaatnya. Apa bedanya dengan ketiga sahabat Ayub yang bertele-tele coba menghibur Ayub tapi dengan interpretasi mereka sendiri, sampai ketika Tuhan menampakkan diri-Nya kepada Ayub Dia murka kepada ketiga temannya itu karena mereka berkata tidak benar tentang Tuhan !

Ayub 42:7 Setelah TUHAN mengucapkan firman itu kepada Ayub, maka firman TUHAN kepada Elifas, orang Teman: “Murka-Ku menyala terhadap engkau dan terhadap kedua sahabatmu, karena kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub. 8 Oleh sebab itu, ambillah tujuh ekor lembu jantan dan tujuh ekor domba jantan dan pergilah kepada hamba-Ku Ayub, lalu persembahkanlah semuanya itu sebagai korban bakaran untuk dirimu, dan baiklah hamba-Ku Ayub meminta doa untuk kamu, karena hanya permintaannyalah yang akan Kuterima, supaya Aku tidak melakukan aniaya terhadap kamu, sebab kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub.” 9 Maka pergilah Elifas, orang Teman, Bildad, orang Suah, dan Zofar, orang Naama, lalu mereka melakukan seperti apa yang difirmankan TUHAN kepada mereka. Dan TUHAN menerima permintaan Ayub.

MELALUI PELAYANAN PELEPASAN, BANYAK PELAJARAN ALAM ROH

Betapa sering di dalam pelayanan pelepasan, kami jumpai orang mati yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus, masih kembali memasuki anggota keluarganya dan ketika di doakan agar keluar mereka masih menderita sakit penyakit, seperti sakit jantung, sakit kanker, sakit kepala, bisu atau tuli. Atau masih ingin berzinah memakai tubuh anaknya untuk pergi ke pelacur, masih ingin berjudi dengan memakai tubuh anaknya, masih ingin mengontrol perusahaannya melalui anaknya, masih ingin berhubungan sex dengan isterinya, masih luka-luka terbakar karena waktu meninggal dia di kremasi! Mereka memerlukan pelayanan yang membebaskan mereka dari belenggu-belengu yang terus menerus mengikat mereka sampai di alam roh. Kegelisahan mereka sering mengganggu orang yang masih hidup. Mereka mencari pemuasan kebutuhan mereka dengan cara memasuki tubuh orang yang masih hidup!

Hidup di dunia sambil menikmati segala Kasih Karunia yang sudah diselesaikan oleh Tuhan Yesus bagi kepentingan Anda sendiri adalah salah satu segi kehidupan Kekristenan. Tapi peduli kepada orang-orang yang tak mampu menikmati Kasih Karunia karena ada campur tangan dunia setan dan roh-roh orang mati adalah segi kehidupan orang Kristen di sisi yang lain.

Roma 8:28 Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambar Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

DIMANA NYAWA ORANG MATI BERADA?

Ketahuilah bahwa orang yang mati dalam keadaan sakit, roh dan jiwanya pindah ke dalam alam roh sedangkan nyawanya, karena berada di dalam darah, ikut terkubur bersama tubuhnya ke dalam tanah. Nyawa ini ada di sana menunggu saat kebangkitan. Yang matinya di dalam Tuhan akan menunggu pengangkatan (rapture). Jadi ketika rapture nanti, ketika Tuhan melintas langit dari timur ke barat, Dia membawa serta orang-orang mati yang ada di pangkuan Abraham, yaitu kumpulan orang-orang mati yang beriman kepada Tuhan Yesus, ikut berkeliling di langit di atas, tetapi saat mereka berada diatas tempat kuburan mereka, mereka turun mengambil nyawa masing-masing, dan disaat ketiga unsur itu berkumpul, roh-jiwa dan nyawa menjadi satu, sebuah tubuh baru, betul-betul baru, bukan bekas-bekas yang lama yang dihimpun lagi, terbentuk lagi menjadi tubuh kebangkitan lalu naik lagi keatas. Kemudian mereka diikuti oleh mereka-mereka yang masih hidup yang telah memiliki Roh Tuhan Yesus di dalam mereka, di ubahkan tubhnya menjadi tubuh kebangkitan juga. Orang yang telah mati yang belum di dalam Tuhan harus menunggu lebih lama, yakni setelah kerajaan seribu tahun akan ada kebangkitan massal. Jadi selama ini yang menular-nularkan penyakit dari dunia orang mati kepada orang hidup adalah rekaman penyakit itu yang masih berada di dalam jiwa si mati.

JANGAN MENGHINDAR-HINDAR DARI PENGETAHUAN DUNIA ROH

Karena rencana Allah Bapa memang hendak mengubah Anda menjadi sama seperti Tuhan Yesus maka banyak pekerjaan-pekerjaan Allah di dunia yang Dia hendak ajarkan kepada Anda juga agar Anda menjadi sempurna seperti Dia. Jangan menghindar-hindar dari pekerjaan di alam roh karena Roh Kudus dikaruniakan kepada Anda memang untuk membawa Anda kedalam seluruh kebenaraan.

Yohanes 16:13  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

 

Solo, 7 Mei 2015

Andereas Samudera