DAPATKAH ORANG MATI MEMASUKI TUBUH ORANG HIDUP ?

Imamat 20:27 -Apabila seorang laki-laki atau perempuan dirasuk arwah atau roh peramal, pastilah mereka dihukum mati, yakni mereka harus dilontari dengan batu dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri.

Ayat ini menunjukkan bahwa di zaman Musa, ada orang-orang yang dirasuk arwah ! Jadi arwah bisa masuk tubuh orang hidup !

DAPATKAH BERHUBUNGAN DENGAN ORANG MATI?

Ulangan 18:9-14 -Apabila engkau sudah masuk ke negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau belajar berlaku sesuai dengan kekejian yang dilakukan bangsa-bangsa itu. Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau perempuan sebagai korban dalam api ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir, seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati…………………………………….dst.

Adanya larangan untuk meminta petunjuk kepada arwah, menunjukkan bahwa praktek ini sebenarnya dapat dilakukan. Buat apa larangan dikeluarkan bila memang yang dilarang itu tak mungkin dilakukan ?

LAZARUS DAN ORANG KAYA

Lukas 16:19-31
Ayat-ayat ini sering dipakai untuk membela doktrin bahwa orang mati dan orang hidup tak dapat berhubungan. Dalihnya adalah bila orang kaya itu dapat berhubungan dengan orang hidup niscaya ia sudah datang sendiri kepada saudara-saudaranya yang masih hidup dan tak usah meminta pertolongan Lazarus untuk turun ke dunia orang hidup. Pendapat ini hanyalah sebuah interpretasi, suatu kesimpulan yang salah.

Bacaan ini sedikitpun tak berbicara soal orang mati berhubungan dengan orang hidup. Tetapi hubungan antara orang mati dengan orang mati lainnya. Yang satu di Hades dan yang lain di pangkuan Abraham. Antara kedua tempat itu ada komunikasi tetapi tak ada transportasi. Orang kaya itu masih dapat merasakan penderitaan, rasa panas dan haus, juga perasaan sayang kepada saudara-saudaranya di bumi. Sama sekali tak dapat disimpulkan dari bacaan ini bahwa orang mati tak bisa berhubungan dengan orang hidup atau sebaliknya. Bahkan sebaliknya bahwa orang mati dapat dipanggil keluar oleh orang hidup dan berbicara dengan orang hidup, dapat kita temukan dalam kitab Samuel.

ROH SAMUEL ATAU ROH SETAN ?

1 Samuel 28:11-15 -Sesudah itu bertanyalah perempuan itu: “Siapakah yang harus kupanggil supaya muncul kepadamu ?” Jawabnya: “Panggillah Samuel supaya muncul kepadaku.” Ketika perempuan itu melihat Samuel, berteriaklah ia dengan suara nyaring

Interpretasi banyak penelaah Alkitab umumnya mengatakan bahwa itu bukan roh Samuel tetapi roh setan yang menyamar sebagai Samuel. Alkitab tidak berkata demikian, tetapi mereka menambah-nambahi dengan interpretasi sendiri. Pengarang kitab Samuel itu hendak memberi tahu anda bahwa yang muncul dari bawah bumi itu adalah Samuel ! Jangan suka berbantah-bantah dengan penulis Alkitab dan membuat interpretasi sendiri, anda akan tersesat sendiri ! Terimalah berita yang ditulis pengarang Alkitab itu dengan terbuka, maka anda akan mendapat pengetahuan tentang dunia roh dengan benar.

MENGAPA SAMUEL, SEORANG HAMBA ALLAH MAU DIPANGGIL SEORANG MEDIUM ?

Hampir semua orang kudus di jaman Perjanjian Lama harus masuk ke Hades dan menjadi tawanan perang (Prisoner of War) si Iblis, sampai mereka dimerdekakan oleh Tuhan mereka yang mengalahkan si Iblis dengan ketaatan-Nya kepada kehendak Allah mati di kayu salib. Si Iblis, penjaga penjara itu dengan senang hati mengijinkan mereka keluar bila diminta oleh hamba-hambanya, para pemanggil arwah. Tentu dengan maksud agar terjadi penyesatan dan pelanggaran larangan Allah. Ini mengakibatkan orang hidup itu dinajiskan tubuhnya oleh hadirnya roh orang mati.

SAUL MATI KARENA MEMINTA PETUNJUK DARI ARWAH

1 Tawarikh 10:13-14 -Demikianlah Saul mati kerena perbuatannya yang tidak setia terhadap TUHAN, oleh karena ia tidak berpegang pada firman Tuhan, dan juga karena ia telah meminta petunjuk dari arwah dan tidak meminta petunjuk dari TUHAN. Sebab itu TUHAN membunuh dia dan menyerahkan jabatan raja itu kepada Daud bin Isai.

Ulangan 18: 10 -14 -Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang ……..bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi Tuhan………. Pengarang kitab Tawarikh menjelaskan salah satu sebab kematian Saul, adalah karena ia minta petunjuk kepada orang mati (Samuel), bukan minta petunjuk kepada ‘setan yang menyamar sebagai Samuel.’ Perhatikan bahwa yang dilarang oleh Tuhan adalah meminta petunjuk dan bertanya kepada arwah, tidaklah menjadi masalah bila anda memberi petunjuk atau memerintah kepada arwah !

MEMBANGKITKAN ORANG MATI

Matius 10:7-8 -Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan.
Orang-orang berdosa dengan mudah sekali mengundang arwah untuk dimasukkan ke dalam keranjang sayur atau jailangkung, sebuah benda mati, apa bedanya mengundang arwah orang mati untuk dimasukkan ke dalam tubuh orang mati itu sendiri ? Praktek pertama itu dilarang Firman Tuhan! Tetapi praktek kedua itu justru diperintahkan oleh Tuhan Yesus. Bangkitkanlah orang mati.

PERUBAHAN-PERUBAHAN YANG TERJADI DI ALAM ROH

Ketika Tuhan Yesus mati di kayu salib, beberapa hal telah terjadi: Ketika Ia menyerahkan nyawa-Nya kepada Bapa, Ia dalam keadaan Roh keluar dari Tubuh-Nya dan turun ke Hades, di sana Yesus memerdekakan orang-orang beriman Perjanjian Lama dari tempat mereka ditawan (prisoner of war) dan memindahkan tawanan-tawanan itu ke pangkuan Abraham (Efesus 4: 8-9 ).

PEKERJAAN YESUS DI DUNIA ORANG MATI

1 Petrus 3:19-20 -……dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah , ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, dimana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

Bapa Surgawi telah mengirim Ia dalam keadaan Roh ke alam maut untuk melakukan dua hal. Pertama-tama melepaskan tawanan-tawanan, yaitu orang-orang kudus sebelum Tuhan Yesus, dari tahanan mereka di alam maut dan yang kedua adalah bahwa Ia memberitakan Injil kepada orang-orang mati, yaitu kepada orang-orang penjara di Hades.

1 Petrus 4:1-6 – Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.

1 Peter 4:6 For this reason the gospel was preached also to those who are dead, that they might be judged according to men in the flesh, but live according to God in the spirit. (NKJV)

Mereka yang tak mau percayai bahwa Injil juga diberitakan diantara orang mati selalu menekankan kata ‘telah’ atau ‘was preached’ sebagai sesuatu yang telah selesai dikerjakan oleh Tuhan Yesus. Ini adalah interpretasi juga ! Mengapa tidak terfikir kemungkinan lain: bahwa Petrus bermaksud menerangkan bahwa ia sendiri dan kawan-kawannyalah yang telah melakukan penginjilan kepada arwah itu pada masa-masa yang lalu ?

DASAR PENGADILAN AKHIR ZAMAN ADALAH INJIL

Roma 2:16 -Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

YESUS ADALAH TUHAN ATAS ORANG HIDUP DAN ORANG MATI

Roma 14:8-9 – Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan. Sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang-orang mati, maupun atas orang-orang hidup.

Bila dikatakan Yesus adalah Tuhan atas orang mati juga, bukankah ada perlakuan yang sama bagi mereka yang telah mati seperti terhadap orang-orang yang hidup ? Harus adil bukan bahwa mereka yang mati harus juga mendengar Injil, apalagi yang seumur hidup mereka belum mendapat kesempatan mendengar Injil ?

ORANG MATI DALAM KITAB KEHIDUPAN ?

Wahyu 20:11-15 -Lalu aku melihat suatu tahta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya………. Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan tahta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. …… Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Menurut faham kita, orang mati yang beriman dimasa PL didalam Hades telah dikeluarkan Tuhan Yesus dan dibawa ke surga, lalu setelah Yesus bangkit mereka yang bertobat karena Injil dan mati didalam Tuhan akan dibawa semua ke surga, jadi harusnya sejak itu yang turun ke Hades adalah orang-orang mati yang namanya tak tertulis dalam kitab kehidupan karena tidak (atau tak sempat) menerima berita Injil. Untuk apa Tuhan membuka lagi kitab kehidupan itu bagi tiap orang mati yang berdiri didepan tahta putih itu, bila tak ada pertobatan dialam maut ?

TUHAN YESUS BERKATA: JANGAN HERAN !

Yohanes 5:25-29 -Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya akan hidup. ……… Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suaraNya, dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.

Pengungkapan Roh Kudus dalam pelayanan pelepasan yang membuktikan bahwa orang mati yang berada didalam tubuh orang hidup dapat mendengar berita Injil dan dapat bertobat, telah mengherankan banyak orang yang selama ini belajar dari theologia Barat, yang tak mempercayai hal ini. Tapi Tuhan Yesus sendiri yang memberi tahu kita bahwa suara-Nya juga akan terdengar diantara orang-orang mati didalam kuburan !

SIAPA YANG WAJIB MEMBERITAKANNYA ?

Efesus 3:1-11 -Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa -Nya. Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini , untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu, dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu, supaya sekarang oleh jemaat diberitahukan pelbagai ragam hikmat Allah kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di sorga, sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakanNya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Paulus menerangkan bahwa kini giliran gereja Tuhan meneruskan berita Injil dan semua rahasia hati Allah itu kepada sekalian ciptaan, termasuk pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di surga atau di alam roh. Gereja Tuhan adalah buah idam-idaman Allah sejak dunia dijadikan, ditunggu-tunggu, dibayar dengan darah Anak Domba yang mahal dan dimuliakan-Nya untuk pada waktunya nanti diberi seluruh hikmat dan rahasia-rahasia di hati Allah agar Gereja Tuhan boleh menjadi Juru Bicara yang menceritakannya kepada makhluk-makhluk lain. Ia simpan rahasia ini berabad-abad lamanya agar kita, kekasih-Nyalah yang menceriterakan itu kepada sekalian alam.

Kolose 1:15-20 – Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. …….. dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

Darah dan salib Yesus adalah jalan pendamaian bagi segala pemerintah dan penguasa, kerajaan dan singgasana baik di dunia materi maupun di alam roh. Ia hendak memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya.

MELAKUKAN SEMUA PEKERJAAN-PEKERJAAN YESUS ?

Yohanes 14:12 -Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.

Apa yang dilakukan oleh Yesus ? Memberitakan Kerajaan Surga, menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, mentahirkan orang kusta, membuat mujizat-mujizat, mati disalib, turun ke alam maut memberitakan Injil di sana, bangkit, naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah, balik lagi memerintah di kerajaan Seribu Tahun, menghakimi orang hidup dan orang mati, bertahta di Langit baru Bumi baru. Anda percaya bahwa anda akan bersama Yesus dalam semua pekerjaan itu, bukan? ( Kecuali dalam hal memberitakan Injil kepada orang mati ? Mustahil ! )

BANCI, HOMOSEX,LESBIAN, GEJALA PSIKOSOMATIK

1 Korintus 6:9-11 – Janganlah sesat ! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.

Orang homosex, lesbian dan banci adalah gejala orang yang kemasukan orang mati yang berlainan jenis sex. Juga masalah penyakit-penyakit psikosomatik atau gejala kejiwaan dan banyak tabiat-tabiat dosa dan penyakit-penyakit lain diakibatkan oleh roh orang mati. Penanganan mereka sebagai orang mati dan bukan sebagai setan akan menghasilkan kelepasan yang sempurna.

GUNANYA MENGINJILI ORANG MATI ?

Banyak yang bingung mengapa kami seolah-olah ngotot mengajarkan orang Kristen menginjili orang mati ! Baca baik-baik statement dibawah ini dan diharapkan tidak ada lagi orang yang mengulang-ulang pertanyaan yang sama terus menerus !

1. Kami bukan spesialis tukang menginjili orang-orang mati !

Tidak seperti yang banyak orang bayangkan bahwa kami suka ke kuburan-kuburan dan mengabarkan Injil disana untuk orang-orang mati. Itu belum pernah dan tak akan pernah kami lakukan ! Kami juga tidak menuntut orang Kristen maupun Gereja Kristen untuk mnginjili orang mati dan kami sendiri juga tidak secara khusus mencari-cari orang mati untuk diinjili. Kalau ada orang-orang yang melakukan hal seperti itu, mereka melakukan atas dorongan hati mereka sendiri, bukan karena kami yang mengajarkannya. Kami juga tidak hanya melakukan penginjilan orang mati terus menerus seolah-olah itu missi pelayanan kami. Banyak pekerjaan lain yang kami lakukan, seperti penginjilan orang hidup, pelayanan pedesaan, berbagai-bagai pengajaran alkitab, seminar-seminar hidup ke-Kristenan, Penyembuhan batin, Kesembuhan ilahi, membangun kampus besar Revival Center dan sebagainya.

2. Penginjilan terhadap orang mati hanya dilakukan dalam rangka pelayanan pelepasan.

Dalam rangka melakukan pelayanan pelepasan terhadap seseorang atau dalam rangka membersihkan sebuah hunian dari orang-orang mati (haunted houses), kami menemukan roh-roh orang-orang mati. Kepada mereka sajalah kami memberitakan Injil karena itu cara termudah menyingkirkan mereka. Kami menemukan perbedaan antara roh setan dan roh orang mati didalam pelayanan pelepasan seseorang. Setan-setan benci Nama Yesus dan marah bila nama itu disebut-sebut. Sedang orang-orang mati umumnya tidak mengenal siapa Yesus itu ! Bila orang-orang mati itu mau terima Tuhan Yesus, dengan cepat ia diambil malaikat dan dipindahkan kedalam kerajaan Allah. Juga cara ini menjamin bahwa roh orang mati itu tidak akan kembali lagi kepada orang yang dilepaskan atau tempat mereka semula karena setelah menerima Tuhan Yesus mereka punya tempat dikerajaan Allah.

AKIBAT HADIRNYA ORANG MATI DALAM HIDUP ORANG HIDUP MEMBUAT BANYAK MACAM KERUGIAN :

1. Anak keguguran.
Mereka yang pernah menggugurkan anak atau keguguran anak umumnya susah dalam memperoleh nafkah. Pertama-tama karena ada kutuk abortus yang mengagalkan semua usaha dan ada arwah anak yang gugur itu menempel dipinggang ibu atau ayahnya terus menerus hingga mereka merasakan sakit pinggang yang tak hilang-hilang.

2. Mimpi orang mati dan gejala psikosomatik
Mereka yang bermimpi berjumpa orang yang telah mati, entah ayah, ibu atau neneknya atau saudara dekat, biasanya mengalami depresi, perasaan hampa dihati, atau kena transfer penyakit siorang mati. Kalau ayah mati sakit jantung, sianak yang bermimpi jumpa ayahnya, tak lama kemudian mengidap sakit jantung juga. Tapi secara medis dokter tidak menemukan gejala sakit jantung itu, hingga gejala ini dinamakanm gejala psikosomatik atau gejala kejiwaan.

3. Kelainan sex
Karena keinginan orang tua akan anak laki-laki ketika sebuah janin perempuan sedang bertumbuh dalam rahim ibu, maka iblis memasukkan roh orang mati laki-laki kedalam bayi itu dan ketika lahir keluarlah seorang tom boy, perempuan yang kelaki-lakian. Bila mereka dewasa cenderung anak begini menjadi waria. Bila ia matang untuk sex biasanya ia lebih tertarik kepada perempuan lagi dan bila dorongan ini diikuti mereka menjadi lesbian. Hal sebaliknya bila orang tua ingin anak perempuan, sedang janin dalam perut iubu adalah laki-laki, akan lahir anak banci, sizzy, wadam. Bila dewasa secara sex mereka suka cari laki-laki dan menjurus kepada homosexual. Pelayanan pelepasan dengan memisahkan orang-orang mati lawan jenis ini telah ternyata selalu berhasil membebaskan mereka dari kelainan sex seperti ini.

4. Sakit epilepsi (ayan)
Gejala sakit epilepsi adalah gejala hadirnya orang mati yang dibunuh atau bunuh diri dalam diri seseorang. Epilepsi dapat berawal ketika seseorang masih bayi dan terkena sakit panas yang tinggi, atau sawanan, stuyp. Panas tinggi itu akibat masuknya roh orang mati ! ( tidak semua gejala panas akibat masuknya orang mati tentunya, bisa juga panas karena virus dsb.) Dapat juga terjadi sesudah dewasa. Biasanya habis operasi besar di rumah sakit, saat orang itu dibius, jiwanya terbuka dan ada orang mati disekitar rumah sakit itu yang masuk dan menimbulkan gejala epilepsi. Ada juga orang menjadi epilepsi setelah ia mencoba alat orthopaedi untuk meninggikan tubuhnya dengan jalan menggantung lehernya diambang pintu 10 menit tiap hari. Rupanya ada roh orang mati gantung diri yang mengira itu adalah tubuhnya dan masuk saat itu.

5. Kerusakan alat-alat elektronik dan mekanik.
Rumah yang kemasukan orang mati sering ditandai dengan rusaknya berbagai alat rumah tangga ber-turut-turut. Kulkas mati, TV meletus, tape recorder rusak mobil mengalami macam-macam gangguan dsb. disamping anjing suka menggonggong tanpa alasan, atau bayi-bayi menangis ketakutan waktu malam, atau pembantu dari desa suka melihat orang-orang lewat berkelebat. Orang bilang itu setan, tapi saya percaya itu bukan setan tapi orang mati yang masuk rumah anda karena macam-macam alasan. Mungkin anda pulang dari kuburan dan roh orang mati itu nempel dibahu anda tanpa anda sadari. Bisa juga ada dukun kirim-kirim orang mati untuk ganggu anda. Atau ada pembantu dari desa yang suka baca-baca mantra pengundang jin-jin. Di dalam Alquran ada surat Al Jin yang mengisahkan saat Muhammad menyembah Allah ia dikerumuni banyak sekali jin-jin, desak mendesak, yang sebagian percaya Alquran dan menjadi jin-jin Islam. (Surat 72:19). Saya mengalami dalam pelayanan, ada orang yang telah dilayani pelepasan dari orang-orang mati dalam Nama Tuhan Yesus, kemudian kerasukan lagi roh-roh orang mati setelah orang-orang Islam berkeliling berdoa lagi disekitar orang ini.

6. Menginjili orang mati dalam rangka menolong yang hidup
Jangan salah sangka bahwa kami mengabaikan penginjilan orang-orang hidup demi menginjili orang mati. Justru sebaliknya, kami memberitakan Injil bagi orang hidup dan menolong mereka bertumbuh dalam iman yang benar dengan melepaskan ikatan dan belenggu mereka dari roh-roh jahat, termasuk orang-orang mati yang mengikat/menguasai mereka. Penginjilan orang mati adalah dalam rangka melepaskan orang hidup dari kuasa mereka !!!!!

7. Maksud penulisan buku dan seminar-seminar kami
Dengan mengadakan seminar-seminar alam roh, menulis buku dan memberi kesaksian-kesaksian dalam internet kami tidak bermaksud menantang denominasi lain untuk mengakui apa yang kami temukan. Kalau tak setuju kami tak memaksa ! Tak perlu debat macam-macam dengan kata-kata kotor yang mengotori mulut dan sejarah hidup anda sendiri. Suatu saat bila anda sendiri atau sanak saudaramu terkena masalah dengan adanya roh orang mati, jangan sampai anda terjebak oleh perkataanmu sendiri yang telah terlanjur mengatakan pelayanan ini sesat dan sebagainya. Kami menyebarkannya dengan maksud memberi tahu jalan Tuhan bagi mereka yang terperangkap oleh pekerjaan setan-setan dan orang-orang mati seperti diatas. Tuhan Yesus dapat menolong anda. Kalau anda mau berbantah tentang arti kata-demi kata dalam ayat-ayat yang kami pakai sebagai pendukung kebenaran ini, tak akan juga membuat anda percaya. Biarlah kebenaran ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang diberi pewahyuan saja oleh Roh Kudus.

Lukas 10:21 Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.”

MENGAPA PERLU MENGABARKAN INJIL ?

Bila orang mati di alam maut masih boleh mendengar Injil dan dapat diselamatkan, buat apa susah-susah kita sekarang mengabarkan Injil ? Bukankah di sana orang-orang itu akan menyesal sendiri dan akan dengan lebih mudah menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat bila Injil diberitakan kepada mereka ?
Bagi kita yang sudah diselamatkan olehNya, sekarang tugas memberitakan Injil adalah tugas kehormatan, “a privilege”. Allah telah menyediakan tugas kehormatan ini bagi anda sejak sebelum dunia dijadikan. Ia ingin anda menjadi penyambung lidah Allah untuk menyampaikan berita baik yang berabad-abad tersimpan di dalam lubuk hati Allah ini. Manusia telah terkesan amat dalam bahwa Allah itu keras dan kejam karena hukuman-hukuman-Nya kepada orang berdosa di masa Perjanjian Lama. Kini Ia ingin anda mengabarkan kepada dunia, bahkan kepada seluruh ciptaan di alam roh juga, bahwa Allah kita yang sejati itu tidak demikian. Ia amat lembut dan penuh kasih dan anugerah !

Efesus 2 : 10 – Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Efesus 3 : 10 – 11 – ……..supaya sekarang oleh jemaat diberitahukan pelbagai ragam hikmat Allah kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di sorga, sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakanNya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Efesus 3:18-19 -Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Sungguh berbahagialah anda yang mengetahui bahwa menjadi Pengabar Injil adalah menjadi pelayan kehormatan yang membawa anugerah, tanpa sedikitpun harus dikejar-kejar perasaan bersalah. Anda diberi kehormatan dari Sang Bapa sendiri karena pekerjaan pemberitaan Injil ini, sekalipun akan disertai dengan aniaya.

Yohanes 12:26 -Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan dimana Aku berada, disitupun pelayanku akan berada. Barang siapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Jadi, mengapa kita tetap harus memberitakan Injil sementara hidup di dunia ini ? Pertama-tama karena itu adalah pekerjaan terhormat yang disediakan bagi anda oleh Bapa agar anda beroleh kehormatan dari pada-Nya. Kedua karena Yesus hendak mendirikan kerajaan-Nya di atas muka bumi ini di antara orang-orang yang hidup. Itu sebabnya Ia memberi otoritas besar sekali kepada Gereja-Nya di atas bumi. Anda yang memberitakan Injil sekarang akan ikut memerintah bersama Dia kelak dalam Kerajaan Seribu Tahun.

Lukas 19:16 – 17 -Orang pertama datang dan berkata: Tuan, mina tuan yang satu itu telah menghasilkan sepuluh mina. Katanya kepada orang itu, hai hamba yang baik; engkau telah setia dalam perkara yang kecil, karena itu terimalah kekuasaan atas sepuluh kota.

Semua hamba menerima satu mina yang sama. Setiap orang percaya kepada Tuhan Yesus menerima Roh Kudus yang sama. Jadi jelas mina di sini berbicara tentang Roh Kudus yang diterima setiap orang percaya. Bila anda memberitakan Injil dan orang mau bertobat serta membuka hatinya untuk Tuhan Yesus, itu berarti anda melipatgandakan mina yang anda miliki; dan hasilnya adalah orang-orang yang anda menangkan. Dan apakah akibatnya ? Anda diangkat menjadi penguasa kota-kota. Jumlah kota yang dipercayakan kepada anda sebanding dengan jumlah orang yang dimenangkan oleh pelayanan anda. Jadi anda mengabarkan Injil itu untuk membangun kerajaan anda sendiri kelak. Benar semuanya itu untuk Tuhan Yesus, namun Tuhan Yesus akhirnya akan membagi-bagikan kekuasaan-Nya kepada orang-orang yang bekerja dalam ladang-Nya.

BEDANYA KESELAMATAN DAN KEMULIAAN

Bila seseorang mendengar Injil dan membuka hatinya, ia menerima anugerah keselamatan dari Allah. Ia menerima meterai tanda jaminan bahwa ia lolos dari api neraka. Bila ia mati segera setelah menerima Yesus, Ia tetap akan diselamatkan dan dibawa malaikat kesorga. Tapi jelas ia tak akan menerima pahala apapun di surga karena tak sempat melayani Kerajaan Tuhan Yesus. Bila ia tidak mati tetapi hidup panjang umur di bumi, ia boleh masuk pelayanan Kerajaan Kristus dan mengumpulkan pahalanya untuk kerajaan Seribu Tahun kelak. Mereka yang tak sempat mendengar Injil lalu mati, mungkin di alam maut mendengar Injil dan diselamatkan, tetapi ia tak mempunyai kesempatan untuk mengerjakan apa-apa bagi Kerajaan Yesus. Jadi ia hanya menerima anugerah keselamatan tetapi tidak mendapat kesempatan untuk menerima anugerah kemuliaan seorang hamba Tuhan.
Ev. Andereas Samudera
Revival Total Ministry, Agustus 1997.
(updated September 2000)