I. ROH, JIWA DAN TUBUH

Manusia terdiri dari tiga unsur, roh, jiwa dan tubuh. Roh adalah pemilik jiwa dan tubuh. Jiwa adalah kumpulan dari berbagai macam roh yang merupakan pembantu roh untuk berkomunikasi dengan dunia luar. Tubuh adalah rumah dari roh dan jiwa.

Bandingkan dengan sebuah perusahaan yang mempunyai sebuah kantor  milik seorang direktur yang merangkap sebagai pemilik perusahaan dan ia mempunyai staf pembantu seperti sekertaris, bendahara, kepala bagian produksi, pemasaran dan sebagainya. Ada staf yang baik dan ada yang jahat. Ketika banyak masalah terjadi, direktur ini menjadi stress dan berputus asa, datanglah Tuhan Yesus mengetuk didepan pintu kantornya dan menawarkan: ‘Marilah kepadaku yang berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu…..’ Ia buka hati dan mengundang Tuhan masuk, dan memberi tempatnya sebagai direktur kepadanya dan ia sendiri menduduki kursi manajer. Langkah berikutnya Tuhan mulai memerintahkan manajer itu untuk memecat pegawai-pegawai yang jahat keluar. Manajer ini mulai bertindak dan berkata: ‘Dalam Nama Yesus aku mengusir engkau keluar …………..’ dan seterusnya.

Inilah pelayanan pelepasan itu.

1 Tesalonika 5:23  Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Ibrani 4:12  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Matius 26:41  Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

II. DOSA DAN SETAN

Banyak orang belum mampu membedakan antara dosa dan setan, sehingga ada yang menolak pelayanan pelepasan dengan berkata: ‘Bukankah ketika seorang dibaptiskan semua dosa sudah diampuni Tuhan ? Apa perlunya ditengking-tengking lagi ?’ Bila seorang berbuat dosa, pintu jiwanya terbuka dan setan masuk kedalam diri orang itu. Ketika ia menyesal dan bertobat serta minta ampun akan dosa itu, Allah yang setia dan adil itu menghapus catatan dosanya di buku perbuatannya di sorga. Tetapi kemanakah setan itu sekarang ? Apakah ia secara otomatis meninggalkannya ?  Tidaklah demikian kenyataannya. Walaupun dosa sudah diampuni tapi setannya masih ada didalam jiwa orang ini, nanti pada saat ia lemah  setan ini akan mengajaknya berbuat dosa yang sama.

1 Yohanes 1:9  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Kapankah setan memasuki seseorang ? Saat ia mulai memikirkan sesuatu yang bukan fikiran Allah, dosa sudah mengintip diambang pintu, yakni muncul sebagai fikiran-fikiran jahat. Tetapi Tuhan mengajar Kain untuk segera menguasai fikiran itu, jangan melayani atau menikmatinya, tetapi mengusirnya keluar..

Matius 16:23  Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”

Kejadian 4:6-7  Firman TUHAN kepada Kain: “Mengapa hatimu panas dan mukamu muram? Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.”

III. POSISI ANAK ALLAH

Sejak kita dilahirkan baru, Roh Kudus dikaruniakan kepada kita hingga kita menjadi Anak Allah yang diberi kedudukan di sebelah kanan Allah Bapa, tempat dengan otoritas tertinggi. Malaikat-malaikat juga diutus untuk membantu dalam pelayanan kita didunia. Kita adalah jenderal perang dan malaikat adalah pasukan kita.

Efesus 2:6 dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga,

Ibrani 1:13-14  Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?” Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?

IV. KUASA ATAS ROH-ROH JAHAT

Otoritas telah diberikan kepada kita untuk mengusir, menginjak setan-setan, juga kuasa untuk menahan kekuatan mereka. Untuk itu kita diberi seluruh perlengkapan senjata Allah.

Matius 10:7-8  Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Lukas 10:19  Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.

Efesus 6: 13-18  Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.  Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,  dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,

2 Korintus 10:3-6  Memang kami masih hidup di dunia, tetapi kami tidak berjuang secara duniawi, karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus, dan kami siap sedia juga untuk menghukum setiap kedurhakaan, bila ketaatan kamu telah menjadi sempurna.

V. DAPATKAH ORANG PERCAYA DIRASUK ROH JAHAT ?

Banyak yang menolak kebenaran ini dengan berkata bahwa orang percaya tak mungkin dirasuki roh jahat karena ayat berikut. Perlu diketahui bahwa ayat ini tidak berbicara masalah hadirnya roh jahat dalam diri manusia tapi ayat ini berbicara tentang pasangan hidup. Bila hati seseorang tidak mengasihi Tuhan, sebaliknya mengasihi dunia, roh-roh dunia akan menguasainya. Roh jahat itu dapat tinggal didalam jiwa seseorang, sementara Roh Kudus berdiam didalam roh orang itu.

2 Korintus 6:14  Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap ?

2 Timotius 4:9  Berusahalah supaya segera datang kepadaku, karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Dalmatia.

Galatia 2:2-3  Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil? Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?

1 Timotius 5:14-15  Karena itu aku mau supaya janda-janda yang muda kawin lagi, beroleh anak, memimpin rumah tangganya dan jangan memberi alasan kepada lawan untuk memburuk-burukkan nama kita. Karena beberapa janda telah tersesat mengikut Iblis.

VI. ROH JAHAT DAN ARWAH

Ada berbagai jenis roh yang dapat merasuk tubuh seseorang. Ada jenis setan-setan yang disebut penguasa, orang kuat, yakni yang menguasai fikiran dan tingkah laku orang itu. Ada jenis binatang-binatang yang mengubah sifat-sifat orang itu serupa dengan sifat binatang tersebut. Ada pula yang lebih komplex, yakni roh orang mati, yang hadir dengan jiwa yang berisi roh-roh jahat yang dibawanya sejak hidupnya.

Markus 6:7  Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat,

Efesus 6:11-12  Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Matius 12:28-30  Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.  Atau bagaimanakah orang dapat memasuki rumah seorang yang kuat dan merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu? Sesudah diikatnya barulah dapat ia merampok rumah itu.  Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.

Imamat 20:27  Apabila seorang laki-laki atau perempuan dirasuk arwah atau roh peramal, pastilah mereka dihukum mati, yakni mereka harus dilontari dengan batu dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri.”

VII. ROH  KELEMAHAN TUBUH

Ada jenis roh jahat yang mengakibatkan penyakit-penyakit atau kelemahan-kelemahan tubuh. Pada umumnya itu adalah roh-roh orang mati atau roh-roh berbentuk binatang.

Matius 10:1  Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.

Lukas 13:11  Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak.

Luke 13:11 And behold, there was a woman who had a spirit of infirmity eighteen years, and was bent over and could in no way raise herself up.  [pneuma astheneia]

Yohanes 5:5  Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit.

John 5:5  Now a certain man was there who had an infirmity thirty-eight years.

Markus 9:25  Ketika Yesus melihat orang banyak makin datang berkerumun, Ia menegor roh jahat itu dengan keras, kata-Nya: “Hai kau roh yang menyebabkan orang menjadi bisu dan tuli, Aku memerintahkan engkau, keluarlah dari pada anak ini dan jangan memasukinya lagi!”

VIII. TABIAT DAN ROH JAHAT

Hadirnya roh jahat dalam jiwa seseorang mengubah orang itu menjadi jahat karena roh jahat itu menyatakan dirinya melalui tubuh orang yang dipakainya. Mengubah karakter seseorang hanya dapat terjadi dengan cara mengusir roh-roh jahat itu keluar. Roh-roh yang menguasai alam fikiran seseorang juga dapat ditengking keluar hingga fikiran orang itu menjadi benar.

Kolose 3:5-8  Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,  semuanya itu mendatangkan murka Allah (atas orang-orang durhaka). Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya. Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.

Roma 1:28  Dan karena mereka tidak merasa perlu untuk mengakui Allah, maka Allah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk, sehingga mereka melakukan apa yang tidak pantas:

Markus 5:2-5 Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia. Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu.

Markus 5:6-9 Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, dan dengan keras ia berteriak: “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!” Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: “Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!” Kemudian Ia bertanya kepada orang itu: “Siapa namamu?” Jawabnya: “Namaku Legion, karena kami banyak.”

Yohanes 13:27  Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya:  “Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera.”

IX. JURANG MAUT

Jurang maut adalah salah satu tempat di alam roh, lubang tanpa dasar, (abussos) dimana roh-roh jahat termasuk Setan akan dipenjarakan seribu tahun lamanya. Bolehkah kita membuang roh-roh yang kita usir itu kesana ? Otoritas terletak ditangan Tuhan. Ia mau mengabulkan permintaan Legion agar tidak dibuang kedalam jurang maut dan Tuhan mengabulkannya. Sekarang terserah kepada kita juga yang sekarang memegang otoritas itu untuk mengirim mereka kesana atau tidak.

Lukas 8:31-32  Lalu setan-setan itu memohon kepada Yesus, supaya Ia jangan memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut. Adalah di sana sejumlah besar babi sedang mencari makan di lereng gunung, lalu setan-setan itu meminta kepada Yesus, supaya Ia memperkenankan mereka memasuki babi-babi itu. Yesus mengabulkan permintaan mereka.

Wahyu 20:1-3  Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.

X. MANIFESTASI KELUARNYA ROH JAHAT

Roh-roh jahat keluar dari seseorang sering disertai manifestasi berupa muntah, berteriak, membanting tubuh orang bersangkutan dan banyak cara lain. Pada umumnya mereka lebih mudah keluar bersama nafas yang keluar dari mulut yang bersangkutan.

Yehezkiel 36:31  Dan kamu akan teringat-ingat kepada kelakuanmu yang jahat dan perbuatan-perbuatanmu yang tidak baik dan kamu akan merasa mual melihat dirimu sendiri karena kesalahan-kesalahanmu dan perbuatan-perbuatan yang keji.

Markus 9:20  Lalu mereka membawanya kepada-Nya. Waktu roh itu melihat Yesus, anak itu segera digoncang-goncangnya, dan anak itu terpelanting ke tanah dan terguling-guling, sedang mulutnya berbusa.

Lukas 4:41  Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: “Engkau adalah Anak Allah.” Lalu Ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia adalah Mesias.

Kisah Para Rasul 8:7  Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.

XI. PELAYANAN LANJUTAN

Ada dua pekerjaan yang harus dilakukan untuk memindahkan seseorang kedalam kerajaan Allah, pertama melepaskan mereka dari cengkeraman kerajaan kegelapan dengan melepaskan ikatan-ikatan dan mengusir setan, kedua dengan memindahkan mereka kedalam kerajaan itu dengan mengisi fikirannya dengan kebenaran dan mencamkannya sungguh-sungguh dalam jiwanya akan statusnya yang baru. Pelepasan saja tidak otomatis memindahkan mereka kedaerah kerajaan Allah, akibatnya setelah pelepasan mereka akan diserbu lagi oleh roh-roh yang balik membawa banyak roh yang lain.

Matius 12:28  Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.

Matius 12:43-45  “Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya. Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur.  Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini.”

Kolose 1:13  Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;