Dalam kehidupan manusia secara jasmani, Anda mengalami masa kanak-kanak dan kemudian beranjak menjadi dewasa. Demikian halnya dalam kehidupan kerohanian Anda, pada masa kanak-kanak Anda masih perlu banyak ditolong, cenderung bergantung kepada orang lain. Tetapi pada saat yang sempurna tiba, masa kanak-kanak itu ditiadakan. Jangan ada ciri-cirinya lagi dalam kehidupan Anda.

Bila seseorang yang sudah berusia dewasa tetapi masih bersifat dan berperilaku seperti kanak-kanak, tentu hal ini tidak wajar dan tidak sehat. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai batas waktu, dimana sifat kanak-kanak itu kini harus lenyap, diganti dengan yang sempurna.

Jangan mentolerir diri sendiri dengan merasa wajar bila Anda masih bersifat kekanak-kanakan karena kerohanian Anda sedang dalam taraf bertumbuh. Hal ini sangat menghambat program Roh Kudus dalam hidup Anda.

Ciri-ciri kekanak-kanakan adalah cepat marah, mudah tersinggung, kecewa, merasa dihina, direndahkan, putus asa, patah semangat, dan sebagainya.

1 Korintus 13:8 “Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.”

Karunia Roh Kudus suatu saat akan berakhir dan yang tinggal dan terus berjalan adalah kasih. Tetapi yang terpenting bagi Anda untuk tumbuh dalam karunia Roh Kudus. Karena hal ini akan mengangkat Anda menuju level roh yang sangat tinggi. Seperti yang dialami oleh orang-orang Korintus, ketika pertama kali menerima Roh Kudus, mereka cepat sekali bertumbuh dalam karunia. Mereka langsung dapat bernubuat dan mendapat penglihatan-penglihatan. Level alam roh mereka cepat sekali naik, meskipun karakter mereka masih buruk. Tetapi kemudian Paulus mengajarkan kasih yang kemudian membentuk mereka.

Pertumbuhan rohani yang normal sebenarnya memang diawali dengan karunia-karunia Roh Kudus, baru kemudian perubahan karakter, karakter akan mulai diubah melalui proses “brokenness”, yaitu dengan adanya benturan, kekecewaan dan sebagainya. Bila ada pembimbing yang mendampinginya, ia akan dibawa datang kepada Roh Kudus yang selanjutnya akan menolongnya membuang semua karakter yang lama, agar benih ilahi yang sudah diterimanya ketika ia mengundang Tuhan Yesus ke dalam hatinya, mulai berkembang dengan cepat. Proses penyangkalan diri kemudian penyaliban daging yang akan dikerjakan oleh Roh Kudus, akan menguduskan dia dari sifat-sifat kedagingannya, dan akan membentuk dia menjadi orang yang lemah lembut, penuh kasih, sabar, sukacita dan sebagainya, yang akhirnya memunculkan buah-buah roh yang nyata dalam kehidupannya.

Kapankah yang sempurna tiba ? sebenarnya Anda tak perlu menunggu berlama-lama karena sejak Anda menerima Roh Kudus, Roh Kudus mampu menolong Anda dengan cepat sampai pada kesempurnaan, jika Anda mau menyerah total kepada Tuhan dan membuka hati untuk dibenahi oleh Roh Kudus.

Ibrani 5:8-9 ” Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya, dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya “

Yesus adalah gambar kesempurnaan dari Allah Bapa dan Ia harus turun ke dunia untuk disempurnakan lagi dalam hal ketaatan. Setelah taat dan mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi. Yesus adalah teladan Anda, maka selama di dunia ini, Anda jangan puas dengan hal-hal yang tidak sempurna, Anda harus mencapai kesempurnaan bersama Yesus. Jangan hanya mengejar kesempurnaan, tetapi harus masuk dalam proses kesempurnaan dalam segala bidang. Atasi kelemahan dalam diri Anda sampai betul-betul lenyap dan menjadi sempurna dengan pimpinan Roh Kudus. Jangan hanya sibuk dengan masalah pribadi yang kecil-kecil, tetapi hal ini harus segera beres, agar Tuhan dapat memanfaatkan hidup Anda bagi rencana-Nya.

Penyangkalan diri total akan menyebabkan karakter dan pikiran dan keinginan Kristus yang tumbuh dengan cepat di dalam Anda sampai sempurna seperti Yesus. Anda tidak harus mengejar-ngejar level urapan yang lebih tinggi dan target yang lebih tinggi dalam hal-hal rohani, tetapi kejarlah kesatuan dengan Tuhan sebagai sasaran utama. Lupakan soal urapan-urapan, nanti urapan Dia akan tumbuh di dalam Anda. Sediakan waktu setiap hari untuk berdialog (chatting) dengan Tuhan Yesus/Roh Kudus/Allah Bapa, sampai persatuan pikiran dan kehendak anda dengan Tuhan Yesus/Roh Kudus/Allah Bapa mencapai level yang lebih tinggi dan lebih sempurna.

Wahyu 3:2 “Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satupun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku.”

Teguran ini tidak hanya berlaku untuk jemaat di Sardis pada masa lalu, tetapi berlaku dan menegur Anda juga pada masa sekarang, karena waktu sudah sangat singkat. Mari, berjalan dengan Tuhan dan bersama Dia Anda membuat pekerjaan-pekerjaan yang besar dan sempurna untuk Tuhan, sampai kota Anda bahkan seluruh Indonesia dilanda kebangkitan rohani besar-besaran ( Revival ! ). Banyak mujizat dan tanda-tanda ajaib terjadi, sehingga banyak orang bertobat pada Tuhan Yesus.

Disadur Dari Khotbah
Ev. Andereas Samudera

Catatan: khotbah ini telah diperbaharui sesuai dengan pertumbuhan mutakhir karena koreksi dari Roh Kudus.(Bandung, 29 September 2010)